Oppo Raup 22,9% Pangsa Pasar Smartphone Indonesia
Jakarta, Selular.ID – Pangsa pasar Oppo meningkat signifikan. Menurut laporan International Data Corporation (IDC) Indonesia, Oppo berada di posisi kedua sebagai brand smartphone terbesar di Indonesia.
“Selama 5 tahun di Indonesia, Oppo telah meluncurkan 45 produk, membangun 226 Oppo Store, dan 115 service center yang tersebar di nusantara,” ucap Alinna Wenxin, Marketing Director Oppo Indonesia, pada acara peluncuran Oppo F7 di Jakarta (17/4/2018).
Berkat seluruh produk dan layanan tersebut, lanjut Alinna, pangsa pasar Oppo meroket dari 16,6 persen pada 2016, naik 6,3 persen menjadi 22,9 persen pada 2017, mengacu pada data IDC.
“Lima tahun ini, Oppo menjelma dari brand asing menjadi brand smartphone paling disukai kalangan muda Indonesia,” kata Alinna.
Alinna memaparkan sejumlah strategi yang telah dilakukan dalam mencapai prestasi ini. Pertama, Oppo berkomitmen untuk terus membawakan produk terbaik yang akan menarik minat pengguna.
Kedua, Oppo selalu menggunakan cara yang disesuaikan dengan kebiasaan anak muda untuk berkomunikasi dengan mereka.
“Kami berharap Oppo bisa menjadi brand smartphone paling disukai anak muda di dunia namun tetap memiliki emotional resonance dengan setiap user kami,” terang Alinna.
Menurut Alinna, saat ini masyarakat dikelilingi berbagai produk canggih. Jika ingin terus disukai konsumen, Oppo harus terus berinovasi yang berorientasi pada user dan terus menjajaki teknologi ke depan.
Terakhir, menjaga kualitas produk juga sangat penting. Oppo berjanji untuk terus menghadirkan produk dengan standar kualitas tinggi.
Ketika disinggung target Oppo setelah berhasil menjadi nomor dua, Alinna menjawab bukan angka yang menjadi target perusahaan.
“Kami tidak pernah mengatakan ingin menjadi brand nomor satu, tapi kami ingin menjadi brand paling disuka anak muda Indonesia. Makin banyak orang suka, otomatis (peringkat brand) akan lebih tinggi,” pungkas Alinna.
Sebagai informasi, Oppo berada di posisi kedua pada daftar Top 5 Brand Smartphone di Indonesia, di mana nomor wahid masih dikuasai Samsung (31,8%).
Baca juga: Review OPPO F7: Lebih Dari Sekadar Selfie Expert
Dari data IDC yang sama, diketahui merek Advan (7,7%), Asus (6,5%), dan Vivo (6.0%), berada di peringkat ketiga, empat, dan lima Top 5 Brand Smartphone di Indonesia.
Post a Comment